Keluar-masuk

05 Mei 2010

Ujian Nasional

Ujian Nasional biasa disingkat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Ini petikan yang saya ambil dari Wikipedia Indonesia paragrap pertama. Pengendalian mutu katanya, apa benar demikian? Tapi kok kenyataannya malah banyak siswa yang tidak lulus dibanding tahun kemarin. Yang lebih ironi ternyata mata pelajaran yang paling banyak gagal justru Bahasa Indonesia, ada apa ini? Sepertinya kita harus meninjau ulang sistem ujian nasional ini apakah masih layak dipertahankan? Banyak siswa yang sebelumnya sudah lulus seleksi di perguruan tinggi negeri justru tidak lulus UN.
Tidak terbayangkan betapa kecewanya mereka, susah payah belajar tiga tahun hanya ditentukan dalam beberapa hari. Sebagai warga negara Indonesia tentu kita sangat mengeharapkan kedepannya bisa diperoleh sistem evaluasi belaja yang lebih baik dan bijaksana ketimbang sistem ujian nasional seperti sekarang ini.

20 Maret 2010

Perang Bintang

Busyet...!
Dari judul aja serem banget...tapi yang jelas bukan "perang bintang" seperti dalam film fiksi tahun 80an melainkan perseteruan antar para petinggi POLRI. Awalnya memang akibat rivalitas yang nggak sehat antara para perwira tinggi Bhayangkara. Minggu kemarin mantan KABARESKRIM Komisaris Jendral Susno Duadji membeberkan adanya "Makelar Kasus" atau Markus di tubuh POLRI. Dia bilang ada satu ruangan di sebelah ruangan KAPOLRI yang biasa dipakai oleh orang diluar kepolisian untuk jual beli perkara dengan pihak kepolisian khususnya menyangkut perkara-perkara besar seperti kasus pengelapan pajak.

18 Maret 2010

Secangkir kopi dan Berita Pagi

Jum'at pagi ini lumayan cerah, bangun tidur langsung disambut semburat merah di ufuk timur, matahari yang selalu dutunggu setiap mahluk di bumi untuk memulai hari dengan segudang aktivitas. Wow..ada berita baru mengenai aktivitas narapidana teroris di dalam penjara. Siapa sangka ternyata kurungan nggak membuat mereka menghentikan begitu saja apa yang selama ini mereka perjuangkan. Temuan oleh densus 88 cukup mengejutkan, nggak nyangka bro...ternayata semua kegiatan bisa diatur dari bali jeruji besi. Lagi-lagi aparat hukum kecolongan, kok bisa napi punya banyak ponsel yang dipake untuk mengatur skenario kejahatan diluar bui? Apa aja kerja petugas LP selama ini?

13 Maret 2010

Kita Kaya Tapi Pecundang

Sorry ya, judul diatas memang agak keterlaluan...bukan bermaksud ngeremehin atawa ngehujat apalagi ngerendahin bangsa sendiri, atau nggak punya "National Pride", sama sekali nggak bro... gue nulis ini justru karea rasa nasionalisme gue lagi bangkit sampe ke ubun-ubun. Coba bayangin, Indonesia adalah negeri yang subur, kaya akan sumber daya alam, baik yang ada dalem laut maupun yang ada dalem kubur, maaf maksud gue yang ada dalem bumi. Hutan kita luas banget, bahan tambang kita ada hampir diseluruh pulau.

12 Maret 2010

Orang Paling Kaya di dunia

Busyet..dah..! dari judul aja keren banget...

Selama ini kita tau bahwa orang terkaya didunia itu Bill Gates yang kekayaannya ampe 53 milyar dolar,sumber penghasilannya dari Microsoft dan anak perusahaannya. Disamping itu dia juga punya yayasan yang dikelola istrinya, Melinda, yang bergerak dibidang penanggulangan kemiskinan dan penyakit, bagus juga tuh... berarti dia masih punya naluri kemanusiaan.

Mengenang Bung Hatta

Besok 14 Maret 2010 genap 30  tahun wafatnya Bung Hatta salah seorang Proklamator kemerdekaan Indonesia. Siapa yang nggak kenal Bung Hatta? tokoh yang sangat humanis sekaligus cerdas, kiprahnya dalam membangun negeri ini nggak bisa diabaikan begitu aja. Dari buku-buku sejarah kita bisa baca gimana sepak terjang beliau selagi masih di Bukit Tinggi, sekolah di Belanda, ikut bergerilya, mendirikan organisasi politik, dibuang ke Boven Digul sampe memproklamasikan kemerdekaan Indonesia sama sohibnya Bung Karno.

Draft RUU Perkawinan 2010

Baru-baru ini kita dihebohkan mengenai draf RUU perkawinan 2010 yang salah satu isinya mengenai ancaman bagi pelaku nikah siri. Sepintas boleh juga sih karena ini akan menjadi filter bagi siapa aja yang punya rencana mau kawin siri, disamping itu juga akan melindungi hak-hak kaum perempuan. Jadi yang jelas kawin siri dianggap ilegal, hukuman bagi pelaku adalah 3 bulan kurungan plus denda 5 jeti...oww my god.! kok bisa ya? gak cuma itu bro..sanksi juga berlaku bagi pihak yang mengawinkan atau yang dikawinkan secara nikah siri, poligami, maupun nikah kontrak.